Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Babinsa Koramil Paninggaran Dampingi Petani Pelihara Tanaman Padi


Pekalongan – Dalam upaya mendukung program swasembada pangan nasional, Babinsa Koramil 13/Paninggaran Kodim 0710/Pekalongan Serma Heri Suryono terus berkomitmen melaksanakan pendampingan kepada petani di wilayahnya. 

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah konkret yang diambil untuk meningkatkan produksi pangan dan kesejahteraan petani diwilayah binaanya yaitu di Desa Lumeneng Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan.

Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa tidak hanya mencakup aspek teknis pertanian, tetapi juga motivasi dan pemberian solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh petani. Dalam beberapa bulan terakhir, Babinsa aktif terlibat dalam berbagai kegiatan seperti pengolahan lahan, penanaman hingga pemeliharaan tanaman bersama petani.

Kapten Inf Kristanto Danramil 13/Paninggaran, menjelaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan instruksi dari komando atas untuk mendukung penuh program pemerintah dalam mencapai swasembada pangan.

 “Kami berusaha semaksimal mungkin membantu petani dalam meningkatkan hasil produksi mereka. Melalui pendampingan ini, diharapkan petani bisa lebih produktif dan mandiri,” ujarnya.

Salah satu petani, Bapak Sunaryo, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan dan bimbingan yang diberikan oleh Babinsa. “Dengan adanya pendampingan dari Babinsa, kami merasa lebih terbantu dan termotivasi untuk bekerja lebih giat. Kami juga mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang cara bertani yang lebih efektif dan efisien,” katanya.

Selain pendampingan lapangan, Babinsa Koramil 13/Paninggaran juga aktif dalam menggelar penyuluhan dan pelatihan bagi petani. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petani tentang teknologi pertanian terbaru dan metode bercocok tanam yang lebih baik. Penyuluhan tersebut sering kali dilakukan bekerja sama dengan Dinas Pertanian setempat dan ahli pertanian dari berbagai instansi.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan program swasembada pangan di wilayah Pekalongan dapat tercapai, dan kesejahteraan petani dapat meningkat. Babinsa Koramil 13/Paninggaran berkomitmen untuk terus mendukung petani dan menjaga ketahanan pangan nasional.  

Posting Komentar untuk "Babinsa Koramil Paninggaran Dampingi Petani Pelihara Tanaman Padi"