Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Banjir, Koramil 08/Kalibagor Laksanakan PROKASIH (Program Kali Bersih)

Banyumas - Untuk mewujudkan kepedulian dan peran serta satuan Kodim 0701/Banyumas dalam menunjang pelaksanaan program pemerintah daerah guna menjaga kebersihan lingkungan desa, serta untuk menjaga kesehatan di lingkungan masyarakat, Koramil 08/Kalibagor beserta FPRB ( Forum Pengurangan Resiko Bencana ), Pemerintah Desa Pajerukan dan masyarakat Desa Pajerukan melaksanakan PROKASIH (Program Kali Bersih) dalam rangka pembersihan sungai di komplek Jembatan Jayalatu Kali Bener Desa Pajerukan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas, Selasa (09/07/2024). 


Danramil 08/Kalibagor Kapten Arm Warih Wiono, mengatakan PROKASIH ini dilakukan untuk membantu mensejahterakan masyarakat melalui fasilitas kebersihan umum serta mewujudkan sasaran pembinaan teritorial. Kegiatan kerja bakti secara gotong royong untuk  membersihkan dan mengurangi resiko terjadinya bencana banjir yang terjadi akibat tersumbatnya aliran sungai kali bener yang melintasi wilayah Desa Pajerukan.

Lanjut Danramil, dalam kegiatan PROKASIH ini dilaksanakan dengan semangat silaturahmi, kebersamaan dan kegotong royongan yang akan memberikan manfaat untuk mengatasi permasalahan yang kita hadapi. Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan, sehingga banyak masalah yang dapat diungkapkan, serta pekerjaan berat akan terasa ringan, paparnya.

“Tujuan lain diantaranya, meningkatkan kemanunggalan TNI - Rakyat, meningkatkan kerjasama dan melestarikan budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta mencegah terjadinya bencana banjir karena saat ini curah hujan sudah tinggi,” ujarnya. 

“Sebagai aparat pemerintah maka sudah menjadi kewajiban kita untuk memberikan contoh kepada masyarakat dengan melakukan hal yang positif terutama dengan cara menerapkan kebersihan lingkungan,” apa yang dilakukan ini tentu akan dilihat oleh masyarakyat lainnya. Ia yakin kegiatan bersih-bersih ini dapat memotivasi masyarakat untuk ikut menirunya bahkan melakukannya secara rutin, Tambahnya.

Kegiatan PROKASIH (Program Kali Bersih) ini melaksanakan pembersihan sungai di komplek jembatan jayalatu kali bener Desa Pajerukan dengan membersihkan sampah yang menyumbat di bawah jembatan oleh adanya kotoran yang terbawa arus sungai yang tersangkut pancang jembatan sehingga menyebabkan aliran air terhambat kemudian naik ke pemukiman penduduk dan menyebabkan banjir, Pungkasnya. (Str).

Posting Komentar untuk "Cegah Banjir, Koramil 08/Kalibagor Laksanakan PROKASIH (Program Kali Bersih)"